PT Permodalan Nasional Madani (Persero)
atau PNM, didirikan sebagai bagian dari solusi strategis pemerintah
untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan ekonomi masyarakat
melalui pengembangan akses permodalan dan program peningkatan kapasitas
bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK).
PNM didirikan oleh pemerintah melalui
Peraturan Pemerintah RI No 38/99 tanggal 29 Mei 1999 yang kemudian
disahkan oleh peraturan Menteri Kehakiman RI No C-11.609.HT.01.TH.99
tanggal 23 Juni 1999. Pendirian PNM kemudian dikukuhkan lewat SK Menteri
Keuangan RI No 487/KMK.017/1999, tanggal 13 Oktober 1999, yang menunjuk
PNM sebagai BUMN Koordinator Penyalur Kredit Program eks Kredit
Likuiditas Bank Indonesia (KLBI).
Sebelumnya, PNM menyalurkan pembiayaan
ke UMKMK secara tidak langsung atau melalui bank-bank maupun BPR/S. Pada
tahun 2008, PNM melakukan transformasi bisnis berupa penyaluran
pembiayaan secara langsung ke UMKMK dengan mendirikan ULaMM (Unit
Layanan Modal Mikro). Hingga kini, bisnis ULaMM tumbuh pesat.
Sejak tahun 2009, PNM mendiversifikasi
sumber pendanaannya melalui kerjasama dengan pihak ketiga yaitu
perbankan dan pasar modal. Hal ini sekaligus juga membuktikan bahwa
dalam menjalankan fungsi utamanya sebagai penggerak sektor UMKMK, PNM
menerapkan prinsip-prinsip akuntabilitas dan best practices dari sebuah
perseroan terbatas yang memiliki komitmen nyata untuk mencapai
kemandirian dan martabat yang lebih baik bagi bangsa.
Untuk mengoptimalkan tugas pengembangan
UMKM, PNM memperluas sumber pendanaan. Sejak 2009, PNM mampu meraih
kepercayaan dari perbankan dan sejak 2012 PNM juga berhasil memperoleh
pendanaan dari pasar modal melalui penerbitan obligasi.
Solusi non finansial yang diberikan PNM
kepada para pelaku UMKM telah memberikan positioning yang unik bagi PNM
dalam industri pembiayaan di Indonesia. Solusi non finansial berupa
peningkatan kapasitas (capacity building) kewirausahaan para pelaku
usaha mampu menjaga tingkat pengembalian penyaluran modal pada tingkat
yang diharapkan. Selain itu, solusi ini juga membuat para pelaku UMKMK
dapat memperoleh manfaat maksimal dari bantuan permodalan yang
diterimanya. Jasa manajemen dan capacity building bagi koperasi simpan
pinjam, BPR/S, maupun lembaga keuangan mikro/syariah lainnya di seluruh
Indonesia adalah beberapa solusi non finansial yang diberikan PNM kepada
para mitra usahanya.
VISI :
Menjadi lembaga pembiayaan terkemuka dalam meningkatkan nilai tambah
secara berkelanjutan bagi usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi
(UMKMK)
MISI :
- Meningkatkan kelayakan usaha dan kemampuan wirausaha UMKMK
- Meningkatkan akses pembiayaan UMKMK kepada lembaga keuangan baik bank maupun non-bank dalam rangka perluasan lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
- Meningkatkan kreativitas dan produktivitas karyawan untuk mencapai kinerja terbaik dalam mengembangkan UMKMK.
PRODUK & LAYANAN BISNIS
- Jasa Pembiayaan
PNM menyediakan permodalan yang dibutuhkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya dan menjadi role model pembiayaan UMK yang berbasis lokal
PNM memberikan jasa pembiayaan secara
langsung kepada usaha mikro kecil (UMK) melalui kantor-kantor Unit
Layanan Modal Mikro (ULaMM) dengan besaran pinjaman dari Rp1 juta hingga
Rp200 juta. Sedangkan layanan pembiayaan tidak langsung disalurkan
Perseroan melalui Bank Perkreditan Rakyat/Syariah (BPR/S), Koperasi, dan
Lembaga Keuangan Mikro/Syariah (LKM/S) lainnya, termasuk pembiayaan Channeling melalui LKM/S.
Kinerja pembiayaan ULaMM terus tumbuh
dan meningkat pesat sehingga pembiayaan langsung melalui ULaMM, saat ini
menjadi kontributor utama terhadap pendapatan perusahaan. Secara
akumulatif, sejak tahun 2008 hingga akhir 2013 PNM telah menyalurkan
pembiayaan langsung melalui ULaMM lebih dari Rp9,8 triliun kepada
sekitar 170 ribu nasabah PNM.
PNM juga menyalurkan pembiayaan modal
ventura melalui anak perusahaan PT PNM Venture Capital dengan memberikan
dukungan permodalan langsung kepada usaha kecil dan menengah (UKM)
dalam bentuk pembiayaan bagi hasil kepada perusahaan patungan usaha
(PPU).
- Jasa Manajemen
PNM memberikan layanan non-finansial berupa jasa manajemen atau capacity building sebagai salah satu tugasnya sejak didirikan sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah RI No. 38 tahun 1999.
Sebagai pendukung bisnis pembiayaan
mikro, kegiatan Jasa Manajemen kepada UMK melalui unit Pengembangan
Kapasitas Usaha (PKU) dan kepada lembaga keuangan mikro / syariah
(LKM/S) antara lain BPR/S, Koperasi (KSP/USP), BMT dan lainnya.
Jasa Manajemen memiliki kegiatan berupa
pelatihan, konsultasi dan pendampingan usaha yang ditujukan untuk
meningkatkan kinerja dan nilai tambah bagi para pelaku UMKM serta LKM/S
yang dikelolanya.
- Pengembangan Kapasitas Usaha
Program Pengembangan Kapasitas Usaha
(PKU) merupakan bentuk tanggung jawab sosial Peseroan dalam rangka
pemberdayaan usaha mikro kecil (UMK) sehingga diharapkan dapat
meningkatkan daya saing dan nilai tambah bagi UMK.
PKU ini menjadi keunikan tersendiri bagi
PNM dibandingkan dengan lembaga keuangan mikro lainnya, di mana PNM
tidak hanya memberikan pembiayaan tetapi juga melakukan berbagai
pembinaan. Cakupan aktivitas PKU berupa pelatihan reguler kepada nasabah
ULaMM, pembentukkan kelompok-kelompok UMK pasca pelatihan, knowledge sharing, pendampingan klaster industri UMK, dll.
Kegiatan PKU dimulai sejak tahun 2010,
dan sampai sekarang PNM telah melaksanakan kegiatan pelatihan dan
pendampingan usaha seluruh wilayah operasional PNM di Indonesia.
Sementara itu untuk program pendampingan klaster usaha, sebagian besar
sudah diserah-terimakan kepada pemerintah daerah.
- PROGRAM KEMITRAAN
Guna menopang pemberdayaan sektor UMKM,
PNM juga meningkatkan kemampuan usaha pelaku UMKM melalui program
kemitraan dan bina lingkungan (PKBL).
Penyaluran dana Program Kemitraan dapat
dilakukan dengan pola pembiayaan konvensional maupun syariah. Dana
Program Kemitraan ini dimaksudkan sebagai modal kerja maupun investasi
atau pembelian aktiva dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi dan
penjualan.
Dana kemitraan PNM disalurkan kepada
mitra binaan, baik yang berbadan hukum maupun yang bersifat individual
atau kelompok, termasuk di dalamnya lembaga keuangan mikro dan koperasi.
Penerima manfaat dana kemitraan diprioritaskan bagi mitra binaan yang
belum memenuhi persyaratan perbankan (non-bankable) dan memiliki usaha prospektif yang sudah berjalan minimal 1 tahun.
Selain menjalankan PKBL internal
perusahaan, PNM juga telah mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan
Program Kemitraan dari perusahaan lain seperti PT Garuda Indonesia Tbk,
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT Hutama Karya dan lainnya.
Selain itu, PNM juga telah berhasil menyelenggarakan kerja sama pengelolaan trust fund
dari Bank Pembangunan Asia (ADB), Bank Dunia, GIZ (Deustche
Gesellschaft Fur Internationale Zusammenarbeit) maupun dari
perusahaan-perusahaan multinasional seperti Chevron, Newmont dan
lainnya.
Keberhasilan dalam pemberdayaan sektor
UMKM itu membuat PNM mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk
menjalankan pengelolaan dana Program Kemitraan yang dialihkan dari BUMN
lain. Proses bisnis pengelolaan dana Program Kemitraan dari BUMN-BUMN
dalam bentuk pembiayaan kepada pengusaha UKM ini dilakukan dengan
prinsip kehati-hatian dan mengacu prosedur mutu dan ketentuan regulasi
dari pemerintah.
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi situs Permodalan Nasional Madani
Lowongan Kerja PT PNM Cabang Ambon:
Dibutuhkan Account Officer (AO) PKBL syarat:- Pendidikan minimal S1
-Usia Maksimal 28 Tahun
- menguasai analisa kredit, pemasaran dan manajemen resiko pembiayaan.
- memiliki pengalaman minimal 1 tahun sebagai Account Officer (AO) atau analis pembiayaan.
- menguasai MS Office
- memiliki jiwa kreatif dan good looking.
- mampu berinteraksi dengan baik.
kirimkan surat lamaran, CV, fc ijazah, fc ktp, foto 3x4, surat
pengalaman kerja dan berkas pendukung (tidak usah pakai materai) lainnya
ke alamat: JL. Laksdya leo wattimena ruko mega mas NO C1 samping SPBU
transit Passo.
NB: Lamaran paling lama diterima sebelum tanggal 31 Juli 2016
- Pendidikan Min SMA
- freshgradute (diutamakan yg berpengalaman)
- Berpenampilan menarik dan mempunyai kemampuan komunikasi yang baik
- Mampu mengoprasikan telepon dengan baik
- Teliti, cekatan dan jujur
NB: Lamaran paling lama diterima sebelum tanggal 31 Juli 2016
Dibutuhkan Resepsionis Cabang, di PT PNM Cabang Ambon.
Syarat :
- Wanita
- Usia Maks. 25 tahun- Pendidikan Min SMA
- freshgradute (diutamakan yg berpengalaman)
- Berpenampilan menarik dan mempunyai kemampuan komunikasi yang baik
- Mampu mengoprasikan telepon dengan baik
- Teliti, cekatan dan jujur
Jobdes Resepsionis : Membantu melayani customer dan relasi perusahaan via telepon dan front office, menyampaikan pesan kepada masing-mssing divisi, membuat laporan, filling.
kirimkan lamaran langsung, KTP, foto 4x6 1 Lbr (Terbaru) & foto close up 1 lbr, surat lamaran, daftar riwayat hidup, ijazah terakhir + transkip, kk, dokumen pendukung ( sertifikat keahlian, surat pengalaman kerja) ke PT. PNM Cab. Ambon di Jl. Laksdya Leo Watimena, ruko mega mas, Passo. Samping SPBU Passo.
0 Comments