Persaingan di bursa kerja belakangan ini sangat
tinggi, hal ini disebabkan sedikitnya lapangan kerja dibandingkan dengan
banyaknya para pencari kerja. Disamping itu, dalam memperoleh pekerjaan kita
harus mempunyai keahlian yang sesuai engan kebutuhan perusahaan seperti
pendidikan dan spesifikasinya, keahlian komputer,kemampuan berbahasa,
pengalaman yang cukup, dan lain sebagainya. Dalam proses lamaran kerja hendaknya
kita harus mengetahui cara melamar kerja maupun kiat sehingga
mudah untuk mendapatkan kerja yang diinginkan.
Dengan maksud tersebut, supaya bisa diperhitungkan di
tempat Anda melamar pekerjaan,tentunya anda harus melakukan persiapan agar bisa
memberikan sesuatu nilai lebih. Bukan hanya resume maupun cv yang mengagumkan,
melainkan juga harus bisa memberikan penekanan yang positif diwaktu anda
melakukan wawancara kerja. Nah, untuk itulah berikut ini cara melamar kerja
yang baik dengan menyampaikan pesan tersirat yang bisa anda tunjukan ketika
melamar ke sebuah perusahaan.
Pertama, Untuk menunjukkan bahwa anda ialah sebagai
karyawan terbaik. Pastikan bahwa lamaran anda ditargetkan untuk posisi
yang spesifik. pergunakan kata-kata yang sekiranya tepat untuk posisi yang
dilamar. Buat kata-kata seakurat mungkin yang mendeskripsikan pengalaman, kemampuan
serta kualifikasi anda. Sebagian besar perusahaan saat ini lebih menyukai
menggunakan program peranti lunak yang memindai kata-kata spesifik untuk
kata-kata yang tepat dan spesifik yang berhubungan dengan posisi tertentu.
Jadi, meskipun anda dianggap cocok untuk menempati posisi tertentu, tapi perlu
diingat bila tidak menggunakan terminologi yang dicari, maka lamaran pekerjaan
anda mungkin tak akan dilihat bahkan tidak dibaca sama sekali. Cara melamar
kerja dengan mengirimkan pesan tersirat kepada perusahaan yang anda incar tak
berarti menggaransikan bahwa Anda akan mendapatkan pekerjaannya. Namun, bisa
meningkatkan peluang dipanggil untuk wawancara kerja. Nah, dari sana, anda bisa
memberikan kesan terbaik Anda.
Kedua,
Tunjukan bahwa anda seorang profesional. Ketika anda hendak melamar kerja,
semestinya mengikuti proses aplikasi secara serius semisal, bacalah kembali
materi surat lamaran anda terutama untuk menditeksi kesalahan ketik atau
kesalahan penulisan. Tidak ada salahnya bila anda meminta bantuan saudara atau
teman untuk membaca ulang surat lamaran dan CV Anda, dan berhati-hatilah dengan
penggunaan bahasa serta hindari penggunaan kata-kata informal, atau bahasa
asing bila hal tersebut tak terlalu penting.
Ketiga, Pastikan kalau lamaran anda tapat sasaran.
Kepastian dan pertimbangan waktu menjadi hal positif dalam Cara Melamar
Kerja. Departemen HRD selalu dibanjiri lamaran pekerjaan dari sana-sini.
Bisa jadi lamaran pekerjaan anda hanya dilihat sekilas. Untuk menghadapi
masalah tersebut, sebaiknya anda mencoba ambil inisiatif. Anda juga bisa
mencoba untuk menghubungi si manager personalia perihal lamaran anda. Namun,
jangan lakukan hal ini jika di media yang mengiklankan lowongan tersebut
tercantum bahwa anda tak diperbolehkan menghubungi mereka. Dengan menghubungi
tempat kerja tersebut dalam jangka waktu 2 minggu pengiriman, anda bisa
memastikan apakah sebaiknya Anda menunggu atau mencoba yang lain.
Keempat, Tunjukan kerahlian yang anda miliki. Perusahaan
dimana pun pastinya akan lebih senang jika mereka bisa mempekerjakan seseorang
yang memiliki keahlian tinggi. anda bisa juga mencantumkan berbagai keahlian
dan sertifikat yang anda miliki, dan berkaitan dengan pekerjaan yang anda incar
tadi. Jangan lupa, jika anda juga tergabung dengan asosiasi atau organisasi
tertentu, cantumkanlah. Dan Cara
Melamar Kerja ini
bisa membuat anda bernilai tambah karena memiliki koneksi ke institusi
tersebut, jika sewaktu-waktu diperlukan.
0 Comments